KEMANUSIAN PILIH-PILIH?

sumber foto: google

 

Berbicara kemanusiaan memang tidak ada habisnya, di dalam kehidupan sehari-hari kita selalu diperhadapkan dengan masalah kemanusiaan seakan tidak ada habisnya, manusia selalu menjadi topik dalam masalah negara. Namun akhir-akhir ini eksistensi kemanusiaan seakan mulai meredup. Masalah kemanusiaan sudah tidak lagi menjadi topik utama dan terkesan dipilih-pilih tergantung seberapa eksis kasus itu diberitakan di televisi. Maka dalam sekejap muncul-lah para pahlawan dan simpatisan yang membela manusia tertindas.

Hal ini tentunya sangat mengherankan ketika kita hanya membela masalah kemanusiaan berdasarkan eksistensinya di televisi. Mungkin sebagian besar masyarakat di negri ini tahu tentang kasus kemanusiaan yang ada di Palestina dan dalam sekejap menjadi simpatisan Palestina. Miris, apakah pelanggaran terhadap kemanusiaan disebut pelanggaran ketika mereka hilangkan nyawanya? Jika memang seperti itu, mungkin menurut mereka, apa yang terjadi di Slamet dan di Kolon progo, atau mungkin yang terdekat kasus Barabaraya bukanlah pelanggaran terhadap kemanusiaan dan tidak perlu dibela. Padahal mereka dirampas haknya mereka digusur dan kehilangan tempat tinggal maupun tempat mereka bekerja.

Bukankah semua orang berhak atas tanah dan tempat tinggal? Dimana para simpatisan itu berada apakah mereka sibuk berjuang di Palestina? Apakah mereka buta dan tuli akibat peperangan itu? Sehingga tidak mampu melihat dan mendengar jeritan saudaranya yang sedang tergusur?

Oh mungkin saja kalian terlalu berharap kalian hanya kehilangan tempat tinggal dan lahan untuk bekerja kalian tidak kehilangan nyawa sehingga tidak terlalu membutuhkan pembelaan. Karena mungkin menurut mereka kalian masih bisa mencari tempat tinggal dan lapangan kerja baru dengan uang ganti rugi yang diberikan. MIRIS MEMANG!!! Apakah Rasa Kemanusiaan Pilih-Pilih????

 

Penulis,

 

Tim Redaksi Melawan.

Author: himapol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2018 H I M A P O L | Design by ThemesDNA.com
top